8 Alasan Masuk Akal Payudara Terasa Gatal

Payudara gatal bisa menjadi masalah tersendiri bagi kaum wanita, apakah Anda sering merasakannya? Beberapa wanita akan mengalami payudara gatal di bagian puting atau bagian bawah, mengalami iritasi, dan sensasi terbakar yang bersamaan.

Dilansir dari laman self, Selasa (28/11/2017), berikut ini adalah beberapa alasan masuk akal mengapa payudara Anda seringkali terasa gatal. Penasaran?

1. Tidak pernah mencuci bra

Anda mungkin mengenakan bra lebih sering daripada mencucinya. Faktanya, hal ini bisa menyebabkan masalah pada payudara.

Pakaian kotor, khususnya pakaian dalam tentu memiliki bakteri yang bisa menginfeksi dan mengiritiasi kulit. Anda benarbenar harus mencuci bra setidaknya seminggu sekali.

2. Terkena sengatan matahari

Berjemur selama liburan musim panas mungkin terdengar seperti ide bagus, namun faktanya, kulit di sekitar payudara adalah yang paling sensitif, karena tidak pernah terkena sinar matahari. Sengatan matahari bisa menyebabkan gatal hebat karena iritasi kulit yang terjadi.

3. Sabun dan deterjen yang digunakan tidak cocok

Dermatitis kontak adalah reaksi alergi yang bisa terjadi bila kulit terkena sesuatu yang tidak disukainya, gatal merupakan salah satunya. Lain kali, lebih berhatihati dalam mencuci barangbarang yang melekat langsung pada kulit Anda.

4. Anda memiliki eksim

Eksim adalah kondisi kulit kronis yang menyebabkan kering, gatal, dan radang yang muncul sebagai ruam merah. Jika Anda seringkali mengalami gatal pada payudara sesaat, eksim bisa menjadi penyebabnya.