8 Penyebab Muncul Rasa Logam di Mulut

Rasa logam yang muncul di mulut dapat mengindikasikan penyakit serius, seperti masalah ginjal atau hati. Namun, alasan ini tidak tergolong umum dan biasanya disertai gejala lainnya.

Menurut dokter keluarga, Michael Rabovsky dari Cleveland Clinic, bila Anda dinyatakan sehat, penyebab rasa logam biasanya tidak berbahaya.

Sebagaimana dilansir Cleveland Clinic, Jumat (2/3/2018), jika rasa logam di mulut adalah satu-satunya keluhan, penyebabnya mungkin salah satu dari kondisi medis di bawah ini:

Kebersihan mulut yang buruk

Jika Anda tidak menggosok gigi secara teratur, hasilnya bisa berupa masalah gigi dan gusi seperti gingivitis (kelainan berupa peradangan pada gusi), periodontitis (infeksi atau peradangan gusi), dan infeksi gigi.

Infeksi ini dapat dibersihkan dengan resep dari dokter gigi. Rasa logam di mulut biasanya hilang setelah infeksi hilang.

Obat Resep Logam di Mulut

Obat-obatan ini termasuk antibiotik, seperti allopurinol untuk asam urat; lithium, yang digunakan mengobati kondisi kejiwaan tertentu; dan beberapa obat jantung. Tubuh akan menyerap obat dan sekresi dari obat dikeluarkan dari air liur.

Efek obat-obat yang diresepkan bisa menyebabkan mulut kering, seperti antidepresan. Ini bisa memengaruhi pengecapan, Anda sulit mengecap rasa.

Vitamin atau obat over-the-counter (OTC)

Multivitamin yang mengandung logam berat, seperti tembaga, zinc atau kromium atau obat OTC yang dibeli tanpa resep dokter dapat menyebabkan rasa logam di mulut.

Biasanya rasa logam akan hilang saat tubuh memproses untuk menyerap vitamin atau obat-obatan. Jika rasa logam tidak juga hilang, periksa dosis. Pastikan Anda tidak minum terlalu vitamin atau obat terlalu banyak.

Pengobatan kanker

Pasien sedang menjalani pengobatan kanker dengan kemoterapi atau radiasi mungkin mengalami rasa logam di mulut.

Infeksi

Infeksi saluran pernapasan bagian atas, pilek, dan sinusitis mengubah kemampuan mengecap Anda. Ini bersifat sementara dan biasanya berakhir saat infeksi terjadi.

Kehamilan

Selama tahap awal kehamilan, beberapa wanita merasa, ada perubahan rasa mengecap di mulut. Salah satu perubahan itu mungkin adalah rasa logam yang muncul di mulut.

Demensia

Orang dengan demensia sering memiliki kelainan pengecap. Pengecapan terhubung saraf ke otak. Kelainan pengecap dapat terjadi bila bagian otak yang berhubungan dengan rasa tidak bekerja dengan baik.

Paparan kimia

Jika Anda terkena paparan merkuri atau timah, kadar zat yang terhirup seringkali dapat menghasilkan rasa logam.Dr Rabovsky mengatakan, jika Anda mengalami rasa logam, sebaiknya konsultasi dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *