Arab Saudi Halau Rudal yang Diluncurkan Pemberontak Houthi

Pasukan pertahanan udara Arab Saudi mengatakan, bahwa mereka menembak jatuh rudal yang diluncurkan oleh kelompok pemberontak Houthi di kota Jizan, di perbatasan selatan Yaman.

Menurut pengakuan kelompok Houthi, sebagaimana dikutip dari The Washington Post pada Kamis (5/4/2018), rudal tersebut ditujukan untuk menyerang fasilitas kilang minyak Saudi Aramco, perusahaan migas milik Kerajaan Arab Saudi.

Dalam satu pernyataan Rabu malam, 4 April 2018, pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi menangkal peluncuran rudal tersebut dengan beberapa tembakan besar dari darat, dan menyebabkan jatuhnya pecahan rudal di kawasan pemukiman warga.

Disebutkan pula bahwa rudal tersebut diluncurkan dari markas pasukan militan Houthi di kota Saada, di bagian Yaman utara.

Para pemberontak menegaskan, serentetan serangan rudal ke arah pasukan koalisi, merupakan bentuk balasan terhadap kerusakan yang terjadi di banyak kota di Yaman.

Di sisi lain, pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi menuduh pemberontak Houthi, telah melakukan serangkaian serangan bom selama tiga tahun terakhir di Yaman, yang diduga mendapat dukungan kuat persenjataan dari Iran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *