ASDP Sebar Ribuan Tiket Mudik Gratis Kapal Laut, Cek Rinciannya

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada bidang jasa penyeberangan penumpang jalur laut ikut mendukung program mudik gratisLebaran 2018. Mereka menyediakan rute mudik gratis di tiga wilayah di Indonesia Timur, yakni Ternate, Baubau dan Ambon.

Commercial Director ASDP, Yusuf Hadi mengatakan, perusahaan ingin agar masyarakat lebih banyak memakai jalur laut sebagai pilihan alternatif mudiknya, terutama untuk wilayah Timur Indonesia yang kini menjadi fokus perhatian.

Kita sudah sediakan 2.100 kursi bagi peserta mudik gratis di Ternate, Baubau dan Ambon. Kita juga coba buat jalur laut sebagai peralihan pilihan rute mudik Lebaran, sekaligus mengurangi tingkat kepadatan jalur darat pada saat mudik,” tuturnya di Pelabuhan Merak, Cilegon, Senin (9/4/2018).

Adapun rincian tiga lintasan mudik gratis itu ialah Ternate, dengan rute Bastiong-Rum di mana akan tersedia 900 tiket mudik gratis. Selanjutnya, untuk di Baubau ada rute Torobolu-Tampo, tersedia 600 tiket, serta di Ambon dengan rute Galala-Namlea, yaitu 600 tiket.

Selain di tiga wilayah tersebut, ASDP pun menyiapkan tiket kapal laut gratis untuk rute Jakarta-Semarang bagi para pemilik motor. Yusuf menyatakan, perusahaan sudah menyediakan kapal untuk trayek pulang-pergi yang total bisa menampung 2 ribu unit motor.

“Pokoknya ini 500×4. Jadi satu kapal muatan angkutnya itu 500 unit motor, dan pemberangkatannya itu pulang-pergi ada empat kali,” ungkap dia.

Bagi pemudik yang hendak memesan tiket gratis tersebut, dia menjelaskan, mereka bisa memesannya secara langsung ataupun secara online. ASDP telah menyediakan booth pendaftaran tiket manual di setiap pelabuhan yang ada di tiga wilayah prioritas itu.

Dia melanjutkan, tiket online dapat dipesan di website resmi ASDP, yaitu http://tiket.indonesiaferry.co.id, ataupun di website yang dikelola Kementerian BUMN melalui situs milik Jasa Raharja.

“Pemesan tiket mudik gratis juga bisa mendapatkannya di Alfamart, Indomart, Pertamina, dan PT Pos (Indonesia). Kita sudah bekerjasama dengan mereka,” tukas Yusuf.

BUMN Lain

Tidak hanya itu, ASDP sudah menjalin sinergi dengan empat BUMN dalam mendukung program mudik gratis. Salah satunya PT Bukit Asam Tbk, yang telah memesan tiket untuk 500 orang pemudik pada lintasan Merak-Bakauheni.

Selanjutnya PT Jasindo (Persero) yang memesan tiket untuk 300 orang pemudik pada lintasan Surabaya-Lembar. Lalu PT Antam Tbk yang memesan tiket untuk 500 orang pemudik dan 500 tiket arus balik pada lintasan Bastiong-Rum di Ternate, Maluku Utara.

Perum Bulog juga telah menjajaki rencana pemesanan tiket pada lima lintasan yang dikelola ASDP. Jumlah tersebut masih bersifat sementara, dan masih berpotensi meningkat seiring dengan terus bertambahnya jumlah BUMN yang berpartisipasi dalam program mudik gratis ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *