Atletico Tundukkan Leverkusen di Jerman

Atletico Madrid menghancurkan tuan rumah Bayer Leverkusen dengan skor 4-2 pada pertandingan yang dimainkan Selasa (21/2), untuk memiliki peluang yang sangat bagus pada penampilan mereka di 16 besar Liga Champions menjelang leg kedua di Spanyol bulan depan.
Dua serangan balik maut pada 25 menit pembukaan membawa finalis 2014 dan 2016 itu unggul, di mana Saul Niguez dan Antoine Griezmann menjadi pencetak gol, dan membawa mereka berada di ambang spot perempat final untuk kesembilan kalinya.
“Kami tahu ini akan menjadi pertandingan berat. Kami ingin menang, kami melakukannya dan pertandingan leg kedua akan sesulit malam ini,” kata Griezmann.
“Mereka menekan dan menyulitkan kami namun perubahan-perubahan sang manajer membantu kemenangan kami pada malam ini. Kami kini memiliki pertandingan besar untuk dimainkan di depan para penggemar kami.” Leverkusen, yang harus membayar harga untuk penampilan buruk di area pertahanannya, memangkas defisit sebelum pemain Atletico Kevin Gameiro mencetak gol melalui sepakan penalti dan gol bunuh diri Stefan Savic menghasilkan fase akhir yang sangat membuat frustrasi.
Pemain pengganti Fernando Torres mengakhiri spekulasi apapun dengan golnya pada menit ke-86 untuk membalas dendam terhadap kekalahan 0-1 musim lalu, ketika tim asal Jerman itu menelan kekalahan kandang pertamanya di Eropa setelah laju sepuluh pertandingan tanpa kekalahan.
“Mudah untuk melihat bagaimana Atletico mencapai dua final dalam tiga tahun,” kata pelatih Leverkusen Roger Schmidt. “Kami tahu bahwa kemampuan-kemampuan serangan balik itu sebelum pertandingan, namun kami berakhir dengan kemasukan dua gol pada babak pertama.” Klub Liga Jerman itu, yang merupakan finalis pada 2002 sebelum diperkenalkannya putaran 16 besar, kini berada dalam resiko absen di delapan besar untuk kelima kalinya, setelah mereka tidak pernah melewati fase ini dalam delapan percobaan sebelumnya.
Mereka semestinya berbahaya dalam serangan balik namun justru Atletico yang menggebrak lebih awal ketika kiper Bernd Leno menghentikan upaya Griezmann, dan Wendell melihat upaya sapuannya memantul mengenai mistar gawang sang kiper.
Niguez memanfaatkan peluang dengan lebih baik pada menit ke-17, menggebrak di sektor kanan dan melepaskan tembakan melengkung melewati Leno setelah bola sempat terlihat terkena defleksi Aleksandar Dragovic.
Griezmann kemudian menggandakan keunggulan setelah Dragovic gagal menyapu bola dengan sempurna, dan bola justru mengarah ke jalur Gameiro yang menyodorkan bola kepada pemain Prancis itu.
Leverkusen kesulitan mengatasi Atletico dengan garis pertahanan tinggi mereka, untuk pertama kalinya di musim ini mereka kemasukan lebih dari satu gol dalam 30 menit pertama.
Griezmann semestinya menambahi gol lain pada menit ke-34 ketika Gameiro kembali mengirimkan umpan terobosan kepadanya, namun Leno mampu menggagalkan peluang dan tuan rumah memangkas defisit pada menit ketiga babak kedua, melalui sepakan Karim Bellarabi dari dalam kotak penalti.
Namun harapan-harapan mereka hanya berusia pendek ketika Dragovic menutup penampilan buruknya dengan membuat timnya dihukum penalti, setelah pelanggarannya terhadap Gameiro.
Gol bunuh diri Savic membawa Leverkusen kembali memperkecil ketertinggalan, namun meski melakukan tekanan secara konstan mereka gagal mengukir gol penyama kedudukan sebelum Torres mengakhiri perjuangan mereka.

/YUD
Reuters, Antara

sports-liputan6.com keluaran sgp hari ini Sumber: BeritaSatu