Bagian Dalam Helm Harus Sesuai Bentuk Kepala, Kenapa?

Salah satu perangkat berkendara yang wajib dikenakan oleh pengendara sepeda motor adalah helm. Tidak hanya berfungsi sebagai pelindung kepala, helm harus nyaman digunakan agar tidak mengganggu konsentrasi.

Kebanyakan helm yang tersedia di pasaran, hanya ditawarkan dalam ukuran yang seragam. Namun produsen helm Arai menawarkan sesuatu yang berbeda dengan mengizinkan penggunanya untuk melakukan kustom ukuran alias pengepasan kepala.

Lantas apa alasannya sampai-sampai helm saja harus sesuai dengan bentuk kepala?

Dikatakan Eric Saputra selaku pimpinan Cargloss Racetech RSS Mandiri Private Racing Team, meskipun helm dibuat untuk melindungi kepala, namun dengan bagian dalam yang sesuai atau mengikuti bentuk kepala akan semakin meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pengendara.

“Setiap kepala orang itu beda-beda. Ada yang kepalanya lonjong atau tidak rata di satu sisi. Kalau helmnya tidak pas, beban akan berpusat ke bagian itu. Tekanan jadi tidak tersebar,” jelas Eric.

Selanjutnya

Memang banderol helm yang dapat dikustom bentuk bagian dalamnnya agar sesuai bentuk kepala terbilang cukup mahal. Namun, menurut Eric hal tersebut sangatlah penting. Apalagi untuk mereka yang aktif berpartisipasi di balap motor.

“Buat balap harusnya kustom. Karena kepala orang beda-beda. jadi jauh lebih nyaman, jadi tidak lebih cepat capek,” jelas Eric.

Prime Gears selaku distributor helm Arai memiliki alat pengukur kepala. Menurut Eric, teknisi yang dimiliki juga telah mendapatkan pelatihan langsung dari ahli asal Jepang untuk bisa melakukan pengukuran tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *