Banatti, Motor Listrik dari Bambu yang Bisa Lari 120 Km / Jam

Berbeda dengan sepeda motor listrik lain, Modular Energy Efficient Portage atau MEEP Inc merancang dengan bahan berbeda. Banatti Green Falcon merupakan motor listrik dengan bodi yang terbuat dari bambu.

Dilansir Rideapart, Jumat (6/4/2018), Christopher Paris Lacson selaku Direktur Desain dan CEO di Meep Inc mengatakan nama Banatti diambil dari bahasa Tagalog; Banat, yang berarti “pergi dengan cepat”.

Ia mengaku, pembuatan motor listrik bambu ini terinsipirasi setelah pemerintah Filipina mencanangkan penanaman 10 juta hektare bambu pada tahun 2020. Bambu membutuhkan waktu tiga tahun untuk siap panen, maka Lacson ingin berinovasi sebelum 2020.

“Ini merupakan cara baru untuk menggunakan sumber daya lokal dan menginspirasi lebih banyak orang,” kata Lacson.

Selanjutnya

Banatti sendiri hanya berbobot 14,5 kilogram. Banatti memiliki dua struktur lapisan bambu di bodinya yang dilapisi dengan epoxy. Di dalamnya disematkan baterai dan motor listrik yang mampu melaju hingga 120 km/jam.

Motor yang mengusung tema alam ini, dirancang untuk penggunaan dalam kota. Agar baterainya awet, paling optimal kecepatan digunakan 96 km/jam. Lacson mengklaim Banatti memiliki jangkauan sekitar 50 kilometer setiap satu kali pengisian.

Bahan bambu sendiri meliputi bagian depan hingga belakang motor. Sementara bagian jok dan speedometer masih sama dengan sepeda motor lainnya.

Banatti Green Falcon akan memulai debutnya dan diperkenalkan di Manila Fame Show pada Oktober 2018 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *