Barcelona Bukan Lagi Tim Terbaik di Liga Spanyol

Demikian kesimpulan media-media dunia menyusul kekalahan Barca dari Athletic Bilbao pada Jumat (5/1/2017) lalu. Kekalahan ini membuat klub Catalan membuka tahun 2017 dengan muram. Penampilan mereka yang kurang menggigit juga diklaim menunjukkan, bahwa Barca yang sekarang sudah berbeda dengan Barcelona beberapa tahun silam yang bukan hanya mendominasi Spanyol, tetapi juga Eropa.
Barcelona era Pep Guardiola dalam empat tahun mampu merebut 14 dari 19 gelar yang tersedia. Bahkan tim ini mampu merebut sextuple (enam gelar) pada 2009. Tidak hanya itu, Barca juga menyuguhkan permainan menghibur, yang disebut oleh Jose Mourinho, eks pelatih Real Madrid, sebagai yang terbaik dalam 20 hingga 30 tahun terakhir.
Namun, seiring dengan perjalanan waktu, Barcelona mulai merosot. Klub Catalan memang meraih treble kembali pada 2015, tahun pertama Luis Enrique menjadi pelatih. Tetapi tahun ini, mereka mulai terekspos kembali. Barca tertinggal tiga poin dari Real Madrid di Liga Spanyol, padahal sudah memainkan satu laga lebih banyak. Dan terakhir, klub Catalan yang juara bertahan Copa del Rey, tumbang dari Athletic Bilbao di San Mames di babak 16 besar kompetisi tersebut.

Media-media ternama dunia ramai-ramai menyerang klub Catalan. Misalnya, The Sun yang mengambil judul Winter Blues. Mereka menyebut, Bilbao mengalahkan Barcelona yang di bawah standar. Hasil ini berarti Barca menuju leg kedua dengan kebutuhan untuk membalikkan defisit tipis, agar bisa lolos ke perempat final.
Sementara itu Mirror lebih kejam lagi dengan memilih judul Barcelona bukan lagi tim terbaik di Spanyol. Sembari menambahkan, Tim-tim seperti Bilbao kini melihat klub Catalan, dan melihat kerentanan mereka, lubang besar di baju besi mereka, yang sebelumnya terlihat sebagai mesin pembunuh menakutkan yang menumpas siapa pun.
Akan halnya A Bola, harian Portugal menuliskan Barca memulai tahun 2017 dengan langkah yang salah. Tidak mau ketinggalan, LEquipe menyoroti klub Catalan yang tak bisa menang meskipun bermain menghadapi sembilan punggawa Athletic Bilbao, menyusul kartu merah Raul Garcia dan Ander Iturraspe.

sports-liputan6.com agen poker Sumber: Sidomi