Canggih, Jembatan Ikonis Hanoi Usung Penerangan Berbasis Cloud

Hanoi Hanoi, ibu kota Vietnam, tengah berbenah infrastruktur. Salah satu bukti pencapaian terbesar dalam bidang infrastruktur kota ini adalah penerangan di salah satu jembatan ikonisnya, Nhật Tn.

Menariknya, jembatan tersebut menggunakan sistem penerangan berbasis cloud agar bisa dikontrol dari jauh.

Diketahui, pemerintah menggandeng perusahaan konstruksi Vietnam, Sun Groups, bersama Philips untuk sistem penerangannya. Lampulampu yang menghias jembatan itu memendarkan cahaya warnawarni yang indah.

Seperti dikutip dari laman Inhabitat, Kamis (20/7/2017), Philips menerangi pada lima rentang jembatan dan kabel yang melintas di atas. Jadi, saat orang melewati jembatan yang ada di atas Sungai Merah itu, mereka akan menemukan lima jenis warna di sepanjang jembatan Nhật Tn.

Philips menggunakan sistem manajemen penerangan cloud bernama ActiveSite. Tak cuma memonitor, sistem cloud tersebut juga bertugas untuk memelihara dan mengatur sistem pencahayaan dari jarak jauh.



Sementara, Philip menggunakan Philips Color Kinetics di sepanjang titik lampu jembatan. Teknologi tersebut diklaim bisa memendarkan 16,7 juta warna yang berbeda. Bahkan, cahaya ini bisa menampilkan warnawarna khusus untuk memperingati berbagai perayaan.

Philips adalah perusahaan yang kini berfokus pada teknologi pencahayaan. Apalagi, perusahaan asal Negeri Tulip itu kerap menerangi beberapa landmark di berbagai negara.

Di Indonesia, Philips telah mempercantik pencahayaan di Monumen Nasional, Bundaran HI, Jembatan Ampera Palembang, Jembatan Suramadu, Gua Gong Pacitan, Gedung Sate, Jembatan Pasopati Bandung, dan masih banyak lagi.