Cara Mudah dan Murah Keliling Bali untuk Backpacker

Bali merupakan salah satu destinasi wisata yang paling eksotis di Indonesia. Tak heran, tujuan ini selalu ramai dikunjungi wisatawan baik domestik maupun asing.

Meski dikenal dengan resor-resor mewah pinggir pantainya, wisata di Bali juga bisa dilakukan secara ekonomis. Jika Anda ingin liburan ke Bali tetapi tidak ingin menghabiskan uang banyak, maka liburan backpacker bisa jadi opsi.

Liburan ala backpacker menjadi favorit banyak orang. Bukan hanya kepraktisannya tetapi juga nilai ekonomisnya. Anda bisa menghemat waktu sekaligus uang dengan liburan dengan backpack.

Selain tiket, penginapan, dan konsumsi, transportasi lokal adalah faktor yang perlu dipikirkan saat traveling. Pasalnya hal satu ini kerap kali menghabiskan anggaran banyak, apalagi jika tujuan Anda adalah tempat yang tidak terjangkau transportasi umum.

Bali sebenarnya memiliki sarana transportasi umum. Trans Sarbagita namanya, yang memiliki rute ke berbagai penjuru Bali. Tarifnya pun terbilang murah yakni Rp 3.500 untuk ke semua rute.

Saat Liputan6.com bertandang ke Bali, kami pun ingin menjajal transportasi umum ini. Namun, setelah menunggu beberapa saat di salah satu haltenya yaitu Halte Kuta Central Parking, bus tidak kunjung datang. Halte juga dipakai untuk tujuan lain yang tidak ada kaitannya dengan menunggu bus.

Menyewa mobil pun menjadi pilihan yang rasional. Namun, karena ingin mencoba liburan backpacker, kami memilih pilihan transportasi lainnya di Bali. Setelah melakukan riset kecil, pilihan sampai ke Bus Kura-Kura.

Cara Mudah dan Murah Keliling Bali untuk Backpacker

Pilihan ini juga cukup ekonomis pas untuk kantong backpacker. Tarifnya tergantung dari rute yang Anda pilih. Rute Ubud paling mahal dengan harga Rp 80.000 sekali jalan. Sementara untuk rute Nusa Dua yaitu Rp 20.000 sekali jalan yaitu untuk kawasan Legian.

Dari Bandara Ngurah Rai, Anda hanya perlu mencapai T Galleria by DFS untuk membeli tiket dan menunggu bus. Kemudian, Anda bisa langsung naik bus jika jam keberangkatan sudah dekat.

Cara Mudah dan Murah Keliling Bali untuk Backpacker

Hal yang perlu diperhatikan adalah Anda sebaiknya mereservasi sebelumnya. Karena sistem Bus Kura-Kura semacam shuttle, siapa cepat dia dapat. Namun, jika sudah mereservasi, Anda akan diprioritaskan.

Jika Anda benar-benar ingin keliling Bali dengan Bus Kura-Kura, Anda juga bisa membeli tiket pulang pergi atau tiket terusan. Tiket pulang pergi akan menghemat hingga Rp 40.000. Untuk tiket terusan per hari adalah Rp 100.000, tiga hari Rp 150.000, dan tujuh hari Rp 250.000.

Kondisi bus cukup nyaman dengan AC dan wifi. Keberangkatan bus juga sesuai jadwal sehingga tidak perlu khawatir ketinggalan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *