Diabetes Jangan Sampai Kambuh Saat Imlek, Cek Tipsnya

Perayaan Imlek identik dengan makanan. Namun, bagi Anda yang menderita diabetes mungkin harus berhati-hati.

Dilansir dari Men’s Health pada Jumat (16/2/2018), Dr. Ian Phoon, dokter keluarga di SingHealth Polyclinics di Paasir Ris mengatakan, pengendalian diabetes di beberapa penderita mungkin bisa sedikit memburuk selama Imlek.

Hal tersebut bukan berarti tidak bisa dicegah. Berikut ini beberapa cara untuk mencegah diabetes kambuh selama perayaan Imlek.

1. Periksa gula darah secara teratur

Semua orang harus melakukan ini. Entah di hari raya atau tidak. Jika kadar gula darah tinggi, Anda harus mulai untuk diet dan aktif secara fisik.

2. Beritahu tuan rumah tentang diabetes Anda

Apabila berkunjung ke rumah orang lain dan ditawarkan berbagai makanan, Anda harus memberitahu mereka tentang diabetes Anda. Ini akan membuat mereka menahan diri untuk menawari berbagai makanan manis, kue kering, atau makanan tambahan. Ini juga membuat Anda terlihat lebih sopan daripada menolaknya.

3.Jangan berlebihan makan makanan ringan

Kue-kue kering yang banyak ditemukan saat Imlek sebaiknya tidak dimakan berlebihan dan dalam satu waktu. Makan sedikit-sedikit, namun bisa untuk sepanjang hari. Jeruk mandarin juga bisa dikonsumsi. Namun tentunya dengan konsumsi yang tidak berlebihan juga dan sesuai kebutuhan.

 

Perhatikan kadar gula darah Anda

4.Tetap konsumsi makanan sehat

Ketika berada di tengah keluarga, jangan malu untuk meminta minuman bebas gula seperti air atau teh cina. Jangan lupa untuk memakan sayur-sayuran seperti salad untuk menghindari saus manis yang biasa disajikan.

5. Tetaplah konsumsi obat dan jangan melewatkan makan

Beberapa penderita diabetes biasanya mengonsumsi obat-obatan. Untuk itulah, penderita diabetes tidak boleh melewatkan makan dan harus tetap melakukan pengobatan yang mereka lakukan. Batasi makan cemilan agar Anda tidak merasa kenyang dan melewatkan makan.

6. Tetap aktif begerak

Setelah perayaan, Anda harus tetap berolahraga untuk membantu membakar kalori yang berlebih. Olahraga meningkatkan metabolisme dan respons tubuh terhadap insulin serta aliran gula darah ke otot dan organ tubuh. Ini membantu menjaga tingkat gula darah terkendali.

7. Tetap waspada

Jika Anda mulai merasakan haus berlebihan, selalu ingin buang air kecil, pusing, dan lesu, ini mungkin kadar gula darah sudah terlalu tinggi. Jika ini terjadi, Anda harus mendapat pertolongan medis. Periksa kadar glukosa apabila Anda memiliki glucometer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *