Gagal Lolos Verifikasi, Arema Terpaksa Lepas Pemain Asing

Kabar buruk datang menimpa Arema FC di tengah timnya mempersiapkan diri mengikuti turnamen Piala Gubernur Kaltim 2018 dan Liga 1. Singo Edan harus rela melepaskan gelandang asingnya, Rodrigo Ost Dos Santos selepas didapatnya surat verifikasi terbaru dari PT. Liga Indonesia Baru (LIB) perihal pemain asing.

Isi surat yang diterima manajemen Arema terkait pemain di posisi gelandang ini dinyatakan tidak lolos verifikasi. Hal ini mengacu dari pasal 29 ayat 2 tentang ketentuan pemain asing baru di Indonesia harus bermain sebanyak 25 persen di kompetisi resmi yang berasal dari negaranya.

Sedangkan Rodrigo sendiri tidak pernah sekalipun diturunkan di klub terakhirnya di berada di Seri C Liga Brasil. Dengan fakta ini maka pemain berusia 30 tahun ini tidak hanya keluar dari Arema, namun juga dari tim Liga 1 Indonesia.

“Kita baru saja menerima surat dari PT LIB yang berisikan keputusan tidak lolosnya Rodrigo dalam hal verifikasi pemain asing,” ujar Media officer Arema, Sudarmaji.

Menyikapi hal mendadak ini, tim pelatih Arema akan secepatnya mencari pengganti pemain asing di tengah jadwal yang padat dan singkat ini.

“sebenarnya hal ini sangat disayangkan, tim pelatih harus bekerja ekstra mencari padahal Liga sudah dekat,” ujarnya.

Informasi Mendadak

Selain itu, Sudarmaji juga mengharapkan adanya pembenahan yang tidak dilakukan secara mendadak oleh PT. LIB. Padahal jika dilihat dari lamanya Rodrigo bergabung sudah lebih dari satu bulan.

“Saya menyambut apik aturan baru dari PT, namun kenapa baru sekarang kita mendapat surat ini, sedangkan Rodrigo sudah mulai dari awal tahun bergabung dengan Arema,” katanya.

Sponsor Besar

Di luar itu, selain persiapan teknis, klub berjulukan Singo Edan ini juga menggandeng sponsor agar tim lebih optimal saat menjalani kompetisi.

Salah satu produsen makanan dan minuman di Indonesia, Indofood, resmi menjadi sponsor Arema FC. Kerjasama ini sangat disyukuri manajemen Arema, mengingat mereka dapat kepercayaan dari perusahaan besar.

“Arema FC sebagai salah satu klub yang memiliki basis suporter terbesar di Indonesia tentunya bangga bisa bermitra dengan Indofood yang membawa imej Indonesia,” ujar Iwan Budianto, CEO Arema FC dalam rilis yang diterima wartawan.

Indofood sendiri telah dikenal luas tidak hanya di Asia (Asia Tenggara, Asia Timur, Asia Selatan, maupun Timur Tengah) namun juga hingga Afrika, Eropa, dan Amerika. Iwan ingin, kerjasama Arema dan Indofood membawa citra kebaikan dalam sepak bola nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *