Geger Monyet Berwajah Mirip Manusia di Kebun Binatang China

Beredar foto dan video monyet berwajah mirip manusia yang kemudian jadi viral di China.

Seperti dikutip dari Asia One, Selasa (27/3/2018), monyet penghuni Kebun Binatang Tianjin berusia 18 tahun itu sontak menuai sensasi di dunia maya karena ekspresinya dianggap mirip manusia.

Orang-orang pun berdatangan ke kebun binatang, berusaha merekam wajah hewan primata tersebut. Terutama saat monyet itu bengong.

Menurut GB Times, video monyet dengan ekspresi bingung itu pertama kali diposting di Weibo pada 19 Maret 2018. Sejak itu rekaman tersebut sudah lebih dari 8,2 juta kali diputar.

Dalam sebuah video yang diunggah oleh jaringan berita China CGTN, disebutkan bahwa monyet itu adalah jenis capuchin berkulit hitam. Asalnya dari Amerika Tengah dan Selatan. Umur rata-rata spesies itu sekitar 15 hingga 20 tahun.

Setelah foto dan videonya beredar di dunia maya, ekspresi lucu monyet mirip manusia itu kemudian memicu perdebatan di dunia maya.

“Apakah kamu yakin ini bukan penjaga kebun binatang?” tanya salah satu orang di Weibo.

“Itu ekspresi yang membuatku tertawa! Kelihatannya polos!” komentar pengguna Weibo lainnya.

Menurut pihak kebun binatang, monyet itu sebenarnya adalah pemimpin kelompoknya.

“Setiap kali ada makanan, dia selalu makan lebih dulu. Favoritnya adalah kelapa, stroberi, pisang, dan buah persik,” kata salah satu penjaga kebun binatang.

Sementara itu, penjaga kebun binatang lain yang diwawancarai mengatakan bahwa monyet itu adalah satu-satunya monyet yang dapat dikenali sebagai manusia oleh aplikasi telepon pengenal wajah.

Anak Sapi Berwajah Mirip Manusia

Sebelumnya, hewan dengan rupa mirip manusia pernah ada di Muzaffarnagar, Uttar Pradesh, India utara.

Dalam rekaman yang dikutip dari Daily Mail, Sabtu 3 Juni 2017, terlihatlah anak sapi yang membuat heboh itu. Ia memiliki mata, hidung dan telinga yang menyerupai manusia. Sementara bagian bawah tubuhnya seperti sapi pada umumnya.

Bayi sapi itu mati satu jam setelah lahir pada 1 Juni 2017 waktu setempat.

Begitu berita kelahiran anak sapi itu tersebar, penduduk setempat dari desa-desa terdekat berkumpul untuk mencari berkah. Mereka percaya itu adalah titisan Dewa Wisnu, Dewa Hindu.

Warga setempat percaya anak sapi itu adalah ‘Gokaran’ — salah satu inkarnasi Dewa Wisnu. Kini masyarakat pun berencana membangun sebuah kuil untuknya.

Jika masyarakat di Uttar Pradesh berpikir kelahiran anak sapi berwajah mirip manusia itu adalah titisan Dewa India, tak demikian dengan para ahli kesehatan hewan. Mereka memiliki pandangan berbeda dan menampik kisah mistis di baliknya.

“Ini adalah kasus anomali anatomi. Jika gen tidak berkembang dengan baik atau ada kesalahan, hal itulah yang menyebabkan beberapa kelainan struktural, dan anomali seperti itu bisa saja terjadi,” jelas Dokter hewan senior di Wildlife SOS India, Dr Ajay Deshmukh.

“Inilah alasan ilmiah dan penjelasannya, tidak ada takhayul di sini,” imbuh Dr Ajay.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *