Ini Manfaat Senyuman di Foto yang Dipajang di Media Sosial

Sama halnya seperti belanja produkproduk secara daring, menjelajahi situssitus kencan melibatkan pembentukan kesan berdasarkan apa yang dilihat, bukan hanya yang kita baca.

Faktanya, ketika kita melihat fotofoto wajah, apa yang kita lihat bisa menjadi caranya kita membentuk kesan pertama, bahkan tanpa kita menyadarinya.

Tentu saja keterangan profil memang membantu, tapi, penelitian mengungkapkan bahwa ekspresi berperan penting.

Penelitian tahun 2006 berjudul “Very First Impressions” oleh Moshe Bar, Maital Neta, dan Heather Linz menelaah tentang pembentukan kesan dalam konteks tanpa dibantu dengan tandatanda emosional.

Mereka mempelajari betapa cepatnya penilaian ancaman dibentuk hanya dengan melihat wajah. Mereka menampilkan foto 90 pria Kaukasus dengan ekspresi netral, dan mengukur tingkat penilaian wajah yang dianggap mengancam. Penelitian itu menyertakan beberapa foto dari empat wajah yang dinilai paling mengancam.

Satu aspek menarik dalam penelitian ini adalah temuan bahwa karena ekspresi netralnya tidak memancarkan tandatanda emosional, penilaian peserta pun hanya berkaitan dengan kepribadian, bukan dengan keadaan emosional yang bersifat sementara (semisal amarah).

Berdasarkan informasi yang ada, temuan lain adalah bahwa kesan pertama bisa dibentuk dalam 39 mikrodetik saja.

Jadi, ketika memilih foto untuk profil daring, pikirkanlah dampak seleksi foto yang memancarkan ekspresi netral dibandingkan dengan foto yang memancarkan emopsi positif semisal senyum atau tertawa bersama keluarga atau teman.

Diduga, pemilihan foto bisa dengan cepat menentukan ketertarikan secara daring. Bahkan, jika kita sangat tampan sekalipun, foto berwajah lurus akan lebih mirip foto narapidana daripada foto glamour.