Intel dan Seteru Abadinya Kerja Bareng Bikin Chip

Intel dan AMD ibarat dua seteru abadi yang sudah bersaing di industri prosesor sejak puluhan tahun lalu. Tapi awal pekan ini keduanya membuat kaget dengan mengumumkan kerja sama untuk membuat chip.

Chip dimaksud adalah seri Core generasi ke8 yang menggabungkan inti CPU bikinan Intel dengan pengolah grafis (GPU) Radeon buatan AMD.

Tujuannya adalah menghasilkan prosesor laptop dengan kemampuan olah grafis mumpuni untuk main game, tapi tetap mempertahankan ukuran fisik yang ringkas. Unit GPU tak perlu dipasang terpisah (discreet), melainkan tertanam langsung di dalam prosesor utama.

Lewat kerja sama ini kami menawarkan PC (laptop) yang tipis dan ringan serta mampu menghasilkan performa grafis setara GPU discreet, ujar Vice President and General Manager AMD Scott Herkelman.

Selain digunakan di kartu grafis komputer deskop dan laptop, GPU Radeon bikinan AMD juga tertanam di perangkatperangkat konsol game modern seperti PlayStation 4 dan Xbox One X, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PC Gamer, Selasa (7/11/2017).

Di dalam chip Core generasi ke8 itu, inti CPU Intel terhubung dengan GPU Radeon AMD melalui teknologi embedded multidie interconnect bridge (EMIB) berkecepatan tinggi. AMD juga memboyong teknologi highbandwidth memory (HBM) 2 untuk Radeon.

Chip gabungan Intel dan AMD ini dijadwalkan akan meluncur pada 2018 mendatang dan bakal membuat laptop tipis macam ultrabook dan 2in1 (convertible) cukup bertenaga untuk dipakai bermain game.