ips Unik Koki supaya Anak Doyan Makan Sayuran

Bagi anak yang kurang dan sulit mengonsumsi sayur, Bill Telepan, koki eksekutif dari lembaga nirlaba Wellness in the Schools, memiliki trik untuk mengatasi hal tersebut.

Dilansir dari New York Post, Rabu (11/4/2018), cara ini dia gunakan pada putrinya yang sekarang berumur 16 tahun.

“Ketika berusia empat hingga sembilan tahun, dia sangat memilih-milih makanan, tapi kami menemukan cara untuk mengatasinya,” kata Telepan pada The Post. Berikut ini beberapa trik yang bisa digunakan, untuk membuat anak makan sayuran.

1. Gunakan mentimun

Menurut Telepan, mentimun adalah sayur yang tepat untuk memulainya. Hal ini karena makanan tersebut renyah, berair, dan memiliki aroma yang netral.

“Saat Anda makan malam, gunakan irisan mentimun untuk anak lebih baik ketimbang menggunakan kerupuk,” kata Telepan.

2. Makan sedikit demi sedikit

Orangtua harus menjadwalkan pemberian sayuran. Menurut Telepan, paling tidak ada satu jenis sayuran sebagai pilihan setiap makan, sebagai pendamping protein dan pati.

“Jangan membuat anak makan semuanya. Cukup sebagian saja,” ujar pemimpin restoran di Midtown Oceana, Amerika Serikat.

3. Buat jadwal

Tetapkan jadwal untuk setiap makan malam. Misalnya, daging sapi dengan brokoli pada hari Senin, ayam dengan daun bawang di hari Selasa, dan ikan dengan kacang polong pada Rabu.

“Anak-anak tahu apa yang akan mereka makan,” kata Telepan. Menurutnya, hal ini akan membuat mereka memiliki kontrol.

 

Bawang putih dan sayuran panggang

4. Bawang putih

Tumislah sedikit bawang putih untuk memberikan rasa pada makanan.

5. Tekstur renyah

Menurut Telepan, anak-anak menyukai tekstur yang renyah. Potongan wortel berbentuk dadu atau lobak cincang bisa ditambahkan ke dalam salad. Memberikan variasi warna juga membuat hidangan lebih menarik.

6. Diam-diam masukkan sayuran

Secara diam-diam masukkan bawang, lada, atau wortel ke dalam bumbu seperti saus tomat dengan menggunakan blender atau pengolah makanan lain, untuk membuatnya tidak terlihat mencolok.

7. Kacang putih

Tambahkan sedikit kacang putih ke dalam pasta atau keju. Anak-anak tidak akan melihat ini, dan menambah protein serta serat.

8. Sayuran panggang

Kubis Brussel yang berukuran kecil, kembang kol, dan sayuran lain yang diberikan minyak zaitun dan dipanggang, bisa menjadi kreasi yang menyenangkan untuk anak-anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *