Jangan Lumerkan Daging Beku di Microwave

Para ahli menyarankan, tidak menggunakan microwave untuk melumerkan daging beku. Walaupun melumerkan bahan makanan beku menggunakan microwave bisa jadi cara yang lebih cepat dan praktis, ada bahaya mengintai di baliknya.

Ahli pangan, Costas Stathopoulos dari Universitas Abertay di Skotlandia juga menyerukan hal serupa. Sebaiknya, Anda jangan pernah melumerkan daging beku di microwave, dilansir dari Global News, Kamis (4/1/2017).

Bahkan mendiamkan daging beku di ruang terbuka, seperti ditaruh di meja makan juga perlu dihindari. Sebenarnya, cara terbaik untuk mencairkan daging beku, menurut Stathopoulos berupa menaruh daging beku di lemari es, yang bersuhu rendah selama beberapa jam.

Suhu dingin di lemari es dapat memperlambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi risiko sakit perut, ditulis dari Women’s Health.

Profesor Keith Warriner dari University of Guelph, Ontario menanggapi studi tersebut.

“Melumerkan daging beku di lemari es lebih baik daripada di microwave,” jelas Warriner.

Melumerkan daging beku di atas meja dan di dalam microwave dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri, seperti staphylococcus aureus dan bakteri e-coli. Bakteri ini dapat menyebabkan sakit perut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *