Kuning Telur Ayam Berwarna Oranye, Pertanda Buruk?

Jangan binggung saat memecahkan telur lalu mendapati kuning telur berwarna oranye. Itu menandakan telur yang Anda beli memiliki kandungan omega-3 yang lebih tinggi.

“Kuning telur berwarna jingga karena di dalamnya mengandung betakaroten tinggi. Berarti zat gizi dari telur tersebut lebih bagus (dibanding kuning telur yang pucat),” kata dokter hewan Hasudungan A. Sidabalok dari Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Jakarta Pusat ditulis Rabu (28/3/2018).

Rupanya, yang menentukan warna kuning telur adalah dari pakannya. Ayam yang menghasilkan kuning telur oranye karena diberi pakan tertentu yang terbaik.

Selain ayam petelur yang diberi pakan khusus, telur ayam kampung yang tidak dipelihara biasanya menghasilkan kuning telur jingga. Ayam kampung tersebut banyak mengonsumsi rumput, cacing, dan serangga yang kaya betakaroten.

 

Pilih telur berkualitas

Setelah tahu fakta penyebab warna kuning telur bisa oranye, pastikan juga saat membeli telur berkualitas baik. Kata Hasudungan, ketika telur dipecahakan dan mendapati kuning telur utuh dan kenyal, itu tanda telur baik.

“Kalau kuning telur sudah pecah saat dibuka, kualitasnya sudah tidak terlalu baik,” kata Hasudungan.

Selain itu, ciri-ciri telur yang baik adalah tenggelam saat dicemplungkan ke air. “Telur itu kan semakin lama semakin banyak udara yang masuk, berarti telur makin ringan, jadi mengapung,” paparnya lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *