Langgar Izin, 3 Rumah di Pasar Minggu dan Widya Chandra Dibongkar

Suku Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (Sudin Citata) Kota Administrasi Jakarta Selatan membongkar rumah yang melanggar izin di Pasar Minggu dan Widya Chandra, Rabu (12/7/2017).

“Dua bangunan berada di Jalan Amil Raya, Kecamatan Pasar Minggu, satu bangunan lagi di Kebayoran Baru tepatnya di Jalan Widya chandra IX Kelurahan Senayan, Kebayoran Baru,” ujar Kasudin Citata Jakarta Selatan, Syukria, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (12/72017).

Syukria mengatakan, tiga bangunan itu melanggar jarak bebas bangunan. Dalam izin mendirikan bangunan (IMB), sudah diatur lebar dan panjang bangunan namun luas ketiga bangunan yang dibongkar sebagian itu melebihi yang tertera dalam izin.

“Kami rutin lakukan patroli bangunan, untuk mengecek kesesuian antara izin yang diberikan dengan pelaksanaan pembangunan di lapangan, setelah dicek antara gambar IMB dengan pelaksanaannya berbeda,” kata Syukria.

Syukria menjelaskan sebelum membongkar paksa, pihaknya telah memberikan surat peringatan (SP 1) kepada pemilik bangunan tapi tidak diindahkan. Setelah tiga surat peringatan, segel, dan surat perintah bongkar dilayangkan, pemilik bangunan tetap tidak menyesuaikan bangunan sesuai izin.

“Terakhir kami berikan surat perintah bongkar sendiri bangunan, namun masih juga tidak dipedulikan, akhirnya kami bongkar,” kata Syukria.

Wali Kota Jakarta Selatan Tri Kurniadi yang memantau jalannya pembongkaran mengatakan patroli dan pengawasan bangunan dilakukan sepanjang tahun. Tidak hanya bangunan ilegal di bantaran sungai yang dibongkar, bangunan berizin yang tidak sesuai juga akan dibongkar.

“Yang tidak sesuai IMBnya walau sudah diperingati, akan dibongkar,” kata Tri.