Mengenal Bandelnya Mesin Metromini dan Kopaja

Rahasia Bandelnya Mesin Metromini dan Kopaja

Nah, mau tahu salah satu mesin Metromini dan Kopaja yang cukup bandel? Ternyata mesin dan sasis kedua angkutan ini yang paling lawas dipasok perusahaan otomotif asal Jepang, Isuzu, yaitu sejak 1980.

Sejak awal kehadirannya, Isuzu menggunakan basis TLD 56 untuk Metromini hingga 1995 dengan tipe mesin 4BC2 berkapasitas 3.300 cc.

Suspensi pada roda depan maupun belakang menggunakan per daun semi eliptikal dengan shock absorber berdaya ganda. Sasis NKR 71 bertipe straight frame dengan ketebalan enam mm yang diklaim kuat.

Selain Isuzu TLD 56, Metromini juga silih berganti menggunakan sasis dan mesin berbedabeda, mulai dari Isuzu Bison, Mitsubishi Colt Diesel, Toyota Dyna, hingga Daihatsu Delta.

Sementara untuk Kopaja hingga saat ini secara periodik melakukan pembaruan. Bahkan beberapa ratus Kopaja melakukan scraping dan digantikan oleh armada baru.

Salah satu yang menarik dari Kopaja saat ini adalah beberapa di antaranya telah dilengkapi dengan penyejuk udara atau Air Conditioner (AC). Salah satu yang menyuplai Kopaja ini adalah Isuzu menggunakan truk medium Isuzu Elf NKR 71.

Bus enam roda ini menggendong mesin 4.570 cc dengan tenaga 123,2 Tk dan torsi 343,2 Nm pada rentang 1.200 sampai 2.200 rpm.