Minyak Kelapa Berkhasiat Obati Jerawat dan Hilangkan Bekasnya?

Minyak kelapa meraih popularitas sejak fungsinya diketahui dapat membantu merawat kecantikan kulit. Selain digunakan untuk memasak, Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa untuk melembapkan kulit dan menghilangkan riasan mata yang membandel.

Namun, beberapa waktu belakangan beberapa orang mengklaim bahwa minyak kelapa juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat dan menghilangkan bekas jerawat, benarkah? Dilansir dari verywell.com, Selasa (6/3/2018), minyak kelapa kaya akan kandungan asam laurat yang memiliki khasiat sebagai antimikroba alami.

Studi menunjukkan asam laurat dapat membunuh propionibacteria acnes, bakteri utama yang bertanggung jawab menyebabkan jerawat. Sayangnya, hal tersebut tidak akan membuat jerawat Anda menghilang hanya dengan mengoleskan minyak kelapa.

Bisakah minyak kelapa menghilangkan jerawat?

Untuk dapat bekerja, asam laurat harus dimasukkan ke dalam pori-pori, di tempat yang membutuhkan. Selain itu, jerawat tidak hanya disebabkan oleh bakteri p.acnes.

Hal menarik lainnya adalah minyak kelapa justru dapat menyumbat pori-pori Anda, sampai pada skala komedogenik. Jika Anda rentan terhadap jerawat, mengaplikasikan minyak kelapa secara rutin justru akan berbahaya.

Bisakah minyak kelapa menghilangkan jerawat?

Minyak kelapa dapat melembapkan dan menghaluskan kulit, namun tidak akan memperbaikinya. Bekas jerawat muncul karena hiperpigmentasi paska inflamasi yang akan memudar dengan sendirinya seiring waktu, bukan karena Anda menggosokan minyak kelapa secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *