Mobil Dinas Pejabat Klaten Jadi Mobil Pengantin, Kok Bisa?

Setelah beredar kabar adanya helikopter polisi yang digunakan untuk membawa pengantin, kini di Klaten ditemukan mobil dinas dihias layaknya mobil pengantin.

Mobil pelat merah jenis Honda CRV berpelat nomor AD 9502 OC dihias menjadi mobil pengantin. Keberadaan mobil dinas itu diketahui oleh seorang warga dan mengunggahnya ke media sosial, Sabtu, 3 Maret 2018, malam.

Dalam foto itu mobil terlihat parkir di kawasan Jalan Dewi Sartika, Klaten, dengan berhias bunga-bunga lazimnya mobil pengantin. Hal itu dibenarkan oleh salah seorang pekerja di Rumah Bunga Surya, Yanto.

Ia menceritakan mobil pelat merah itu datang ke toko menjelang tutup sekitar pukul 16.00 WIB. Pengemudi mobil itu turun dan meminta mobil dihias seperti mobil pengantin.

“Saya enggak tahu orang mana soalnya mendadak pemasangannya. Biasanya pesan dulu. Kalau pesan, saya bisa tahu orang mana,” kata Yanto, saat ditemui Solopos.com, di tokonya, Jalan Dewi Sartika, Klaten, Minggu (4/3/2018) siang.

Ia pun merasa bingung saat mengetahui bahwa mobil itu berpelat merah. Lazimnya, mobil pengantin yang ia hias berpelat hitam. Namun, ia tetap menghias sebagaimana diminta sopir mobil itu. Total biaya menghias mobil itu senilai Rp 300 ribu.

“Ini kali pertama saya menghias mobil pelat merah untuk pengantin. Saya dengar katanya mobilnya diganti. Soalnya bunganya minta dilepas lagi,” tutur Yanto.

Solopos.com pun berusaha mencari keberadaan mobil itu Minggu pagi ke dua pesta pernikahan di Klaten. Kali pertama, Solopos.com mendatangi pesta pernikahan di sebuah gedung di Ceper, Jalan Jogja – Solo. Mobil itu tidak ada.

Solopos.com lalu mendatangi pesta pernikahan di sebuah hotel di Jalan Pemuda Utara. Namun, lagi-lagi mobil pengantin yang digunakan berbeda.

Menurut informasi yang dihimpun Solopos.com, mobil dinas itu adalah kendaraan operasional Sekretariat DPRD (Sekwan) Klaten.

Tanggapan Sekwan Klaten

Mobil dinas Sekretariat Dewan (DPRD) Klaten digunakan untuk mobil pengantin. Mobil pelat merah jenis Honda CRV berpelat nomor AD 9502 OC dipakai untuk pernikahan anak anggota staf Sekretariat DPRD (Sekwan) Klaten.

Menurut informasi yang dihimpun Solopos.com, mobil itu adalah kendaraan operasional Sekwan Klaten.

Sekretaris Dewan Klaten, Edy Hartanto, membetulkan perihal tersebut. Mobil itu memang digunakan untuk pesta pernikahan anak anggota staf Sekwan, Sabtu, 3 Maret 2018.

“Iya, mobil itu dipakai untuk pernikahannya anak staf Sekwan,” kata Edy, saat dihubungi Solopos.com, Minggu, 4 Maret 2018.

Menurut dia, penggunaan mobil operasional untuk pernikahan bukanlah masalah. Mobil operasional lainnya juga banyak yang digunakan untuk kegiatan kemasyarakatan.

“Ini bukan untuk kepentingan pribadi. Ini untuk sosial kemasyarakatan. Banyak kok mobil Sekwan lain yang dipakai masyarakat,” beber dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *