Penjualan iPhone X Loyo, Samsung Tahan Produksi OLED

Samsung diprediksi menahan produksi OLED di pabrik baru selama enam bulan mendatang, karena Apple mengurangi pesanan untuk iPhone X. Samsung merupakan mitra manufaktur panel OLED iPhone X.

Dilansir Softpedia, Kamis (5/4/2018), Samsung pada awalnya memiliki ekspektasi tinggi terhadap produksi OLED.

Sebagai manufaktur layar untuk iPhone X, raksasa teknologi asal Korea Selatan itu berinvestasi tidak kurang dari US$ 3,8 miliar sebelum Apple merilis smartphone tersebut, agar bisa memenuhi estimasi pesanan.

Kapasitas produksi juga ditingkatkan di Korea selatan hingga 60 ribu panel OLED setiap bulan. Sayangnya, Samsung kini dilaporkan menahan operasional produksi OLED karena tidak ada satu pun perusahaan yang membeli layar tersebut.

Apple dilaporkan mengurangi pesanan layar iPhone X hingga hampir 50 persen karena penjualannya melambat. Perusahaan asal Negeri Paman Sam itu pada awalnya memperkirakan penjualan iPhone X bisa mencapai 100 juta unit, tapi kemudian terjadi penurunan target ke 90 juta unit pada Januari, lalu menjadi 75 juta unit pada Februari 2018.

Penjualan iPhone X tak kunjung menunjukkan tanda-tanda perbaikan. Penjualannya pun diprediksi akan mengalami penurunan dalam bulan-bulan mendatang.

Di sisi lain, Samsung dilaporkan juga mengalami masa yang berat karena kesulitan menemukan calon pembeli baru panel OLED di Tiongkok.

Perusahaan asal Negeri Ginseng itu dinilai membuat langkah yang salah karena memperkirakan para manufaktur Tiongkok akan melepas LCD, setelah Apple melakukan transisi ke OLED.

Duo iPhone OLED Hadir Tahun Ini

Penjualan iPhone X memang tidak begitu baik, tapi bukan berarti Apple tidak akan lagi menggunakan layar OLED pada smartphone terbarunya.

Menurut laporan, Apple akan merilis dua varian iPhone terbaru dengan layar OLED pada tahun ini. Keduanya merupakan suksesor iPhone X.

Kedua smartphone ini akan memiliki ukuran layar berbeda yaitu 5,8 inci dan 6,5 inci. iPhone X terbaru ini disebut akan diumumkan bersamaan dengan smartphone lainnya, tapi menggunakan layar LCD. iPhone dengan layar LCD ini dijual dengan harga lebih murah dibandingkan keduanya.

Apple diprediksi akan mengumumkan tiga iPhone terbaru dalam sebuah acara pada September 2018. Perusahaan dilaporkan sedang bersiap memulai produksi percobaan untuk memastikan tidak ada halangan dalam proses akhir nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *