Penunjukan Gennaro Gattuso, Perjudian AC Milan

Masalahnya, rekam jejak Gattuso sebagai pelatih ternyata sama sekali tak meyakinkan. Sebelum menangani tim Primavera AC Milan, pria kelahiran Corigliano Calabro, Italia, 9 Januari 1979 ini tak bisa berbuat apaapa saat dipercaya menangani tim Serie B, Pisa.

Alihalih membawanya promosi ke Serie A, Pisa justru malah terdegradasi ke Serie C. Di klasemen akhir Serie B 2016/17, Pisa terpuruk di dasar klasemen. Mereka hanya mampu mencetak enam kemenangan dari 42 laga!

Sebelum melatih Pisa, Gattuso sebenarnya sempat menangani tiga klub: FC Sion (Swiss), OFI Crete (Yunani), dan klub Serie B, US Palermo. Namun, prestasinya juga jauh dari harapan.

Di Sion, tahun 2013, yang merupakan debutnya sebagai pelatih, Gattuso hanya mampu bertahan selama tiga bulan. Dia dipecat usai tim asuhannya menderita kekalahan 05 dari FC St. Gallen.

Di Palermo, Gattuso bahkan hanya bertahan enam pertandingan. Setelah hanya mampu mengantarkan dua kemenangan, tiga kali kalah, dan sekali imbang, Gattuso langsung dilengserkan presiden klub, Maurizio Zamparini.

Sementara di OFI Crete, musim 2014/15, justru Gattuso yang memillih mundur, dengan alasan masalah keuangan. Namun begitu, performa OFI Crete selama enam bulan di bawah asuhan Gattuso toh tak bisa dibilang bagus. Dari 18 pertandingan, mereka hanya mencetak lima kemenangan. Sisanya, tiga kali imbang dan sembilan kali kalah.

Faktafakta inilah yang membuat banyak orang menyebut, penunjukan Gattuso tak ubahnya perjudian bagi AC Milan.