Perkembangan Diperlihatkan Calon Paskibraka 2017 Setiap Harinya

Sudah lima hari calon Paskibraka 2017 digembleng oleh pelatih dan pembina di PPPON Cibubur Jakarta Timur. Tujuannya untuk mengibarkan bendera pusaka merah putih pada perayaan Hari Kemerdeekaan Indonesia.

Setelah hampir satu minggu dilatih, calon Paskibraka 2017 terus menunjukkan perkembangan setiap harinya, meskipun tidak signifikan.

“Sudah mulai ada perubahan dibandingkan hari sebelumnya. Tentunya di lapangan ini apa yang saya berikan, materimateri sudah mulai nyambung,” kata Wakil Koordinator Pelatih Mayor Inf Suswan kepada Diary Paskibraka Liputan6.com di PPPON Cibubur Jakarta Timur, Senin (31/7/2017).

Kendati begitu, Suswan menuturkan masih ada gerakangerakan calon Paskibraka 2017 yang masih kurang. Salah satunya adalah cara mengangkat kaki dan cara berjalan di tempat.

“Gerakan semuanya banyak (kurang). Di antaranya langkah tegak, pengangkatan kakinya, lenggang atau ayunan tangannya. Kemudian, jalan di tempat itu belum sempurna, mereka masih cenderung malas sebetulnya,” jelasnya.

Suswan menuturkan, pelatih kini masih berfokus mengajarkan gerakangerakan dasar kepada calon Paskibraka 2017.

“Kami masih ekstra di gerakangerakan dasar atau gerakan pada jalan sebelum masuk ke lapangan,” kata dia.

Mengingat tanggal 17 Agustus sebentar lagi, Suswan menjelaskan, pelatih akan lebih bekerja keras agar calon Paskibraka Nasional 2017 semakin kompak dalam gerakan barisberbaris.

“Kami akan semakin keras melatih. Keras itu bukan keras fisik tapi keras kami cenderung serius dan tidak mainmain,” tegas Suswan.