Pertamina Tegaskan Tak Ada Kebocoran Pipa di Perairan Balikpapan

PT Pertamina menyatakan kebakaran yang terjadi di Teluk Balikpapan tidak menelan korban jiwa. Kebakaran akibat tumpahan minyak ini pun sudah berhasil dipadamkan.

Vice President (VP) Corporate Health Safety Security Environment (HSSE), Lelin Aprianto, menuturkan, tidak ada kebocoran pipa dari Pertamina. Selain itu, tidak ada korban jiwa serta kebakaran kapal.

“Pipa Pertamina dinyatakan tidak ada kebocoran, kemungkinan dari sumber lain. Tidak ada korban jiwa dan juga tidak ada kebakaran kapal,” tutur dia (31/3/2018).

Lelin mengatakan, insiden ini ada kemungkinan dari human error yang terjadi di lokasi tersebut. “Sabtu pagi sekitar jam 10 WIB, kapal patroli PT Pertamina menemukan ceceran minyak yang cukup banyak, kapal patroli Pertamina langsung melakukan isolasi dengan oilboom, tapi tiba-tiba saja terbakar,” ujar dia.

“Ini kemungkinan ada yang sengaja buang puntung rokok,” tambah dia.

Meskipun begitu, kebakaran telah dipadamkan. Saat ini tumpahan minyak tersebut sedang dalam proses penyelidikan lebih lanjut. Ia menuturkan, tim investigasi dari Direktorat Jenderal Migas Kementerian ESDM akan lakukan investigasi di lokasi tersebut.

“Kebakaran sudah berhasil dipadamkan, pencemaran sedang diatasi dan sumber tumpahan minyak sedang diselidiki,” ujar dia.

Bantu Padamkan Api

Sebelumnya,  PT Pertamina menyatakan kebakaran yang terjadi di Teluk Balikpapan bukan dari pipa minyak yang bocor. Dugaan terjadi kebakaran berasal dari kapal batu bara.

Hal itu disampaikan Region Manager Communication and CSR Pertamina Kalimantan Yudi Reman. “Bukan pipa Pertamina. Dari kapal batu bara terbakar. Sumber api masih dicari,” ujar Yudi saat dihubungi  Sabtu (31/3/2018).

Yudi menuturkan, kejadian kebakaran tersebut sekitar pukul 11.00. Ia menegaskan, kalau peristiwa kebakaran tidak terjadi di area kilang dan tidak berada di dekat lintasan pipa bawah laut milik Pertamina.

“Info yang kami terima sementara ini yang terbakar adalah kapal batu bara. Dan satu kapal tanker terkena paparan api di bagian buritan (tidak terbakar) dan sudah dipadamkan,” ujar dia.

Ia menambahkan, tim Pertamina di lapangan membantu proses pemadaman dan evakuasi. Pertamina juga dibantu oleh Chevron dan pihak terkait.

Yudi mengatakan, sumber dan penyebab kebakaran sedang diinvestigasi. Ia memastikan kalau seluruh instalasi Pertamina yang melintasi Teluk Balikpapan dalam kondisi baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *