Philipp Lahm Pensiun dari Sepakbola Akhir Musim Ini

Kapten Bayern Muenchen, Philipp Lahm menyatakan dirinya akan pensiun sebagai pesepakbola pada akhir musim.
Pemain bertinggi 170 cm ini sebenarnya masih terikat kontrak hingga 2018. Namun dia mengumumkan akan pensiun lebih awal. Hal itu diungkapkan Lahm setelah mengantar timnya menang 1-0 atas Wolfsburg di ajang Piala Jerman, Selasa (7/2) atau Rabu dini hari WIB.
Sabtu lalu saat melawan Schalke, dia menggenapkan penampilannya untuk Muenchen menjadi 500 pertandingan.
“Saya akan pensiun pada akhir musim ini,” kata pemain berusia 33 tahun tersebut.
“Sejak setahun lalu saya mulai mengecek dan mempertanyakan tentang diri saya sendiri dari hari ke hari dan dari pekan ke pekan. Saya yakin saya bisa menjaga kondisi dan permainan saya hingga akhir musim ini. Saya bisa melakukannya sampai akhir musim ini namun tidak sesudahnya,” ungkap pemain yang membawa Jerman menjuarai Piala Dunia 2014 ini.
Muenchen tadinya akan menunjuk Lahm menjadi direktur olahraga klub raksasa Jerman itu pada musim mendatang. Namun pemain yang biasa beroperasi sebagai bek kanan itu menolaknya.
“Saya sudah putuskan, saat ini bukan waktunya saya menjalankan tugas sebagai direktur olahraga,” papar yang putra asli kelahiran Muenchen ini.
Lahm adalah pemain didikan Akademi Bayern Muenchen. Dia sempat dua musim dipinjamkan ke Stuttgart lalu membela Muenchen dalam sisa kariernya.
Dia sukses membawa klubnya meraih tujuh gelar Bundesliga, enam Piala Jerman, serta masing-masing satu trofi Liga Champions dan Piala Dunia Klub.
Dia menjadi kapten Jerman saat menjuarai Piala Dunia 2014 setelah di final menundukkan Argentina 1-0. Lahm memutuskan pensiun dari timnas seusai kejuaraan di Brasil itu.

Jaja Suteja/JAS
Goal

sports-liputan6.com Liputan6.com Situs Berita Hari Ini Indonesia Menyajikan Kabar Harian Berita Terkini dan Terbaru Seputar Berita Politik, Bisnis, Olahraga Hingga Gosip Artis Sumber: BeritaSatu