Rhenald Kasali di Hadapan Skuat Timnas U-16: Ini Pak Masril Koto

Jadwal persiapan Timnas U-16 jelang tampil di U-15 AFF Youth Championship 2017 berlangsung padat.

Selain menggembleng fisik , tim pelatih juga memberikan sentuhan mental. Kali ini melalui sosok Rhenald Kasali, guru besar ilmu manajemen Universitas Indonesia.

Berlangsung di Rumah Perubahan di Bekasi, Timnas U-16 menjalani sesi penguatan mental. Kegiatan tersebut juga diikuti para tim pelatih dan offisial.

Tiba sekitar pukul 11.00 siang kemarin (2/7), Hamsah Lestaluhu langsung berkumpul di joglo Rumah Perubahan.

Suasana pepohonan dan sungai di daerah Bekasi mendukung kegiatan penguatan mental itu. Kegiatan baru dimulai setengah jam berselang dari kedatangan tim.

Ice breaking menjadi penanda dimulai kegiatan tersebut. Rhenald Kasaliyang menjadi pembicara mencontohkan sejumlah koleganya yang sukses bangkit dari keterpurukan.
”Ini Pak Masril Koto, dia seorang komisaris Bank petani, pendidikannya apa? Dia tidak lulus Sekolah Dasar,” paparnya kepada para pemain Timnas U-16.

Rhenald menjelaskan bahwa pelajaran dari Masril Koto harus dijadikan acuan para pemain. “Bahwa hidup itu terus bergerak, terus ke depan, yang terpenting kita mau jadi apa dalam hidup ini,” sebutnya.

Sesi kedua berlangsung dengan game session yang menitikberatkan refleksi diri. Skuad timnas U-16 diminta menuliskan prestasi yang pernah mereka raih dan juga cita-cita yang hendak mereka capai dalam waktu jangka pendek bahkan 10 tahun ke depan.

Kegiatan tersebut ditutup dengan mengajak seluruh tim melihat sejumlah koleksi tanaman langka di Rumah Perubahan.

Fakhri Husaini, pelatih Timnas U-16 mengatakan bahwa kegiatan penguatan mental ini bukan pertama kalinya.

”Sebelumnya sudah dua kali berlangsung, dan kami rasakan memang dampaknya cukup terasa,” sebut pria yang tenar bersama PKT Bontang semasa aktif bermain sepak bola itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *