Serunya Berburu Kuliner Olahan Mangga di Festival Buah Mangga

Dikenal sebagai kawasan penghasil mangga berkualitas di Indonesia, Probolinggo ternyata punya banyak kuliner olahan buah mangga yang belum banyak diketahui. Sebut saja Pao Struddle Cake, Pizza Mangga, Mango Panacotta with Mango Sauce, dan Nugget Mangga Rumput Laut menjadi camilan yang sudah sangat akrab bagi masyarakat Probolinggo.
Selain olahan western food, aneka olahan makanan tradisional juga ada, mulai Dodol Mangga Mangrove, Nasi Bakar Tongkol Mangga, Carangmas Mangga, hingga Kerupuk Samiler Mangga. Tak hanya makanan, mangga di daerah ini juga diolah menjadi es krim, sirop, dan aneka minuman berbahan mangga lainnya.

Berbagai aneka kuliner menggugah selera itu, dipamerkan oleh puluhan pencinta kuliner dan pelaku usaha kecil mikro (UKM) dalam Festival Buah Mangga di Gedung Bina Harja pada Minggu (17/12/2017).

Pengunjung selain dapat melihat aneka olahan mangga ini, juga dapat mencicipinya secara gratis. Namun, jika ingin menjadikannya sebagai buah tangan, mereka harus membayarnya. Tergantung jenis olahan dan porsi yang hendak dibawa pulang.

“Makanannya macem-macem. Jadi kita menjadi tahu kalau mangga itu tidak hanya dimakan segar saja, ternyata ketika diolah enak sekali,” tutur Mamik Mahmudah, salah satu pengunjung.

“Kalau orang yang tidak suka dengan rasa asam mangga, mungkin dengan dijadikan olahan, bisa suka pada mangga. Ya sering-seringlah kegiatan semacam ini digelar,” kata Mamik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *