Tekanan Darah Tinggi Ternyata Bisa Disebabkan Hal-Hal Aneh Ini

Melansir dari Women’s Health pada Kamis (15/2/2018), ini beberapa hal aneh yang mungkin sebabkan Anda terkena tekanan darah tinggi.

1. Tinggal di lingkungan berisik

Terpapar suara keras terutama saat malam hari, dapat menaikkan tekanan darah Anda. Penelitian ini diterbitkan dalam Occupationa & Environmental Medicine.

Nicole Weinberg, MD, ahli jantung di Providence Saint John’s Health Center di Santa Monica, California mengatakan, gangguan di malam hari dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Jika ada tetangga, anak, atau hewan peliharaan berisik di malam hari, gunakan peredam untuk menenggelamkan suara-suara mengganggu tersebut.

2. Upah rendah

Upah yang rendah, menurut, penelitian di The European Journal of Public Health, berkontribusi pada komplikasi kesehatan. Termasuk tekanan darah tinggi. Yang paling rentan akan hal ini adalah wanita muda.

“Upah merupakan faktor penting bagi rasa kesejahteraan dan harga diri masyarakat pada umumnya,” kata J. Paul Leigh, Ph.D., penulis senior hasil studi dan profesor ekonomi kesehatan masyarakat di UC Davis.

Upah rendah menyebabkan stres yang memicu tekanan darah tinggi. Faktor lainnya adalah pekerjaan dengan gaji rendah seringkali tidak disertai asuransi kesehatan.

3. Manis asin dalam selai

“Kombinasi spesifik gula fruktosa dan garam tinggi dengan cepat dapat meningkatkan tekanan darah,” ucap Kevin Gordish, Ph.D., dari Henry Ford Hospital di Detroit.

Gula menyebabkan tubuh mempertahankan sodium tambahan sekaligus mengurangi kemampuannya untuk menyingkirkan kelebihan garam. Tepatnya, bukan hanya makan gula yang membuat Anda ingin lebih banyak makan, ini juga memaksa tubuh menyimpan semua garam. Inilah yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

4. Berjalan di jalanan

Makin banyak polusi udara yang Anda hadapi, makin besar kemungkinan Anda terkena tekanan darah tinggi. Sekalipun Anda sehat dan bugar. Penelitian ini diterbitkan di Hypertension.

Bernapas di udara tercemar dapat menyebabkan peradangan dan dapat menyebabkan perubahan pada arteri. Faktor ini biasa ditemukan dalam tekanan darah tinggi, penyakit kardiovaskular, dan serangan jantung, ungkap Tao Liu, Ph.D., wakil direktur dan ahli epidemiologi lingkungan di divisi kesehatan di Guangdong Provincial Institute of Public Health, Tiongkok.

Untuk yang ini, sebisa mungkin hindari berada di luar rumah ketika tingkat polusi udara sedang tinggi.

5. Terlalu sering mengandalkan kafein

Kafein mampu membuat Anda terjaga dan membantu tetap fokus. Namun, menurut Amber Khanna, M.D., ahli jantung dari UCHealth University of Colorado Hospital, ini berarti lonjakan tekanan darah akan meninggi.

Penggunaan kafein berlebih dapat menyebabkan hipertensi dan kerusakan jangka panjang pada jantung. Secangkir kopi sehari mungkin tidak apa-apa, namun minuman berenergi lima kali dalam sehari itu berlebihan.

Jadi, ketika jantung mulai berdebar pasca mengkonsumsi kafein, sebaiknya Anda mulai menguranginya.

6. Memakai Pil KB

Dalam penelitian di American Journal Of Physiology, pil KB mengandung estrogen yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Semakin sering mengonsumsinya, maka akan semakin tinggi risikonya.

Menurut Weinberg, tingkat hormon estrogen yang lebih tinggi, membahayakan pembuluh darah.

“Mereka mempengaruhi bagaimana pembuluh darah meregang dan berkontraksi. Itu membuat mereka lebih rentan terhadap masalah seperti air, gumpalan darah, dan hipertensi,” tambah Weinberg.

Risiko ini semakin besar bagi mereka yang merokok. Karena itu, wanita merokok dianjurkan menggunakan metode kontrasepsi yang berbeda.

7. Kedinginan

Dalam penelitian di American Journal of Physiology, kedinginan dapat membuat tekanan darah Anda meninggi. Menurut Zhingjie Sun, M.D.,PhD., asisten profesor fisiologi dan kedokteran dari University of Florida mengatakan, cuaca dingn menyempitkan pembuluh darah untuk menghemat panas dan menjaga suhu tubuh.

Sedikitnya ruang gerak bagi darah, maka tekanan darah tinggi meningkat bersama dengan risiko serangan jantung dan stroke. TSun mencatat, risiko serangan jantung dan stroke lebih fatal selama musim dingin.

8. Terlalu banyak makan kentang

Konsumsi empat atau lebih porsi kentang, bisa dikaitkan dengan peningkatan risiko tekanan darah tinggi. Terutama untuk wanita.

Ini karena kentang memiliki indeks glisemik tinggi. Mereka bisa memicu kenaikan kadar gula darah secara tajam. Weinberg merekomendasikan untuk makan kentang secukupnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *