Tips Liburan Hemat untuk Anak Kuliahan

Jakarta Liburan semester enaknya jalanjalan hemat bareng sahabat. Ini dia tipsnya supaya kamu bisa liburan kuliah yang hemat.

Traveling bareng sahabat saat liburan memang seru. Tetapi bagi mahasiswa denga kebutuhan yang cukup banyak membuat segala kebutuhan harus serba diminimalisir termasuk traveling. Tapi tenang, detikTravel punya tipsnya!

Kamis (13/7/2016) detikTravel telah merangkum beberapa tips untuk traveling hemat ala anak kuliah. Yuk disimak:

1. Pergi ramairamai

Makin ramai, makin seru pastinya. Yuk coba ajak temanteman satu geng kamu untuk ikut liburan bersama!

Pergi bersama temanteman tentunya juga menjadi siasat agar biaya lebih murah. Kamu bisa berbagi penginapan, sewa kendaraan hingga makan seharihari. Jadi kantong pun tidak bolong dan bisa menabung untuk traveling lagi!

2. Sesuaikan rencana perjalanan dengan bujet

Agar dapat menjaga biaya supaya tidak overbudget, kamu perlu menyusun itinerary dengan jumlah dana yang dimiliki. Jangan sampai satu perjalanan membuat kamu sulit untuk berkegiatan nantinya.

Misalnya, coba kunjungi beberapa tempat yang tidak terlalu mahal atau gratis. Sesuaikan juga biaya perjalanan dan jarak yang ditempuh. Untuk mengakalinya, kamu juga dapat membawa bekal dari rumah sebelum bepergian.

3. Riset dulu di internet

Banyak tempat di berbagai wilayah yang murah dan asyik untuk dikunjungi. Tetapi, kamu perlu tahu dulu dimana letak persis dan seluk beluknya. Maka dari itu baiknya sebelum berangkat lakukanlah riset dan kumpulkan informasi.

Simpan berbagai informasi tentang destinasi yang seru dan murah. Simpan menjadi memo di gadget atau catat di buku kecil untuk membantu perjalananmu agar lebih mudah.

4. Manfaatkan kartu mahasiswa

Di berbagai destinsi wisata, sudah banyak yang menerapkan harga khusus pelajar atau mahasiswa. Nah, kamu bisa memanfaatkan yang satu ini!

Peroleh informasinya lewat internet atau sumber lainnya kemudian persiapkan juga kartu pelajar di dompet. Tidak hanya mendapat potongan, tetapi biasanya kamu juga bisa dapat gratisan lho!

5. Menabung untuk liburan berikutnya

Jangan habiskan uang kamu saat pergi liburan. Jangan lupa juga menabung kalau kuliah mulai berjalan. Uang tabungan ini bisa menjadi bujet untuk liburan kamu selanjutnya.