Transjakarta Sediakan 30 Armada Selama Uji Coba Koridor 13

Transjakarta Koridor 13 rute Kapten TendeanCiledug mulai beroperasi pada Senin ini. Jalan layang nontol sepanjang 9,8 kilometer itu akan diresmikan pada 16 Agustus 2017 oleh Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat.

Humas PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Wibowo mengatakan, belum dapat memberikan data jumlah penumpang uji coba Transjakarta Koridor 13. Namun, saat pengoperasian secara gratis pada Minggu 13 Agustus 2017, antusias pengguna sudah mulai terlihat.

“Belum closed soalnya. Kalau kemarin itu penumpang sebanyak 3.204,” ucap Wibowo saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta Pusat.

Untuk pengoperasian hari ini, lanjut dia, disediakan sebanyak 30 bus untuk melayani masyarakat. Sedangkan jadwal pengoperasian terakhir hari ini dari Halte Puri Beta 2, Ciledug, Banten ke Kapten Tendean adalah pukul 18.30 WIB.

“Kalau hari ini sebanyak 30 bus sudah disediakan,” ujar dia.

Namun, dari 12 halte yang telah disediakan baru dapat difungsikan lima di antaranya, yakni Halte Kapten Tendean, Tirtayasa, Mayestik, Cipulir dan Adam Malik.

Pantauan Liputan6.com, di lima halte tersebut ratarata mempunyai permasalahan yang sama yaitu belum semua fasilitas penunjang tersedia.

Seperti halnya masalah ticketing, belum semua halte dapat melayani pengisian ulang saldo, sehingga beberapa pengguna yang tidak memiliki ataupun tak memiliki saldo terpaksa membeli kartu baru.

“Sebenarnya sudah punya kartu, tapi ternyata kurang, ya sudah beli saja harga Rp 40 ribu,” ucap salah seorang penumpang Rahmawati di Halte Kapten Tendean, Jakarta Selatan.