Wisata Magis Penuh Pesona di Pulau Satonda

Sudah nonton film Jailangkung yang rilis Juni 2017? Kalau sudah nonton, pasti tahu pulau di dalam cerita yang tidak berpenghuni dan ada rumah terbengkalai di dalamnya?

Meski dikisahkan sebagai pulau misterius yang kental dengan unsur horor, pulau dalam film tersebut sebenarnya adalah pulau yang sangat indah dan cocok dijadikan destinasi untuk berlibur.

Pulau ini bernama Pulau Satonda dan merupakan gugusan dari Kepulauan Nusa Tenggara Barat. Pulau Satonda terbentuk lewat letusan gunung berapi di dasar laut jutaan tahun yang lalu.

Menurut legenda, konon pulau ini jadi tempat pengasingan Puteri Dae Minga yang merupakan seorang puteri kerajaan cantik dari Kerajaan Sanggar. Karena banyaknya raja yang berlombalomba mempersunting Dae Minga, peperangan pun bermunculan.

Keluarga kerajaan akhirnya sepakat mengasingkan Puteri Dae Minga ke Pulau Satonda. Warga pun dilarang tinggal di pulau tersebut. Dan Dae Minga dikabarkan meninggal di pulau ini.

Penasaran dengan apa yang ada di Pulau Satonda? Ayo simak ulasan dari DuitPintar.com berikut ini.

1. Danau air asin

Danau di pulau tersebut bukan berisikan air tawar, melainkan air asin yang kadar keasinannya dua kali lebih besar ketimbang air laut. Jadi, tanpa berenang pun Anda bisa mengapung di danau ini.

Yang cukup mengherankan, danau tersebut terkepung oleh pulau yang sama sekali tidak terhubung dengan lautan.

Konon kabarnya, danau tersebut merupakan bekas kawah gunung api zaman purbakala. Namun karena fenomena alam seperti tsunami dan letusan gunung, Danau Satonda berubah menjadi danau air asin.

Yang jelas, semua biota yang ditemukan di dalam Danau Satonda mirip sekali dengan lautan zaman purba karena banyak material strimalit. Material tersebut hanya ada sekitar 3,4 miliar tahun yang lalu dan hampir tidak bisa ditemukan di masa kini.

2. Pohon Kalibuda (Harapan)

Namanya cukup unik dan bentuknya juga terlihat unik karena banyak batu yang digantungkan di pohon ini. Mungkin pohon ini yang bisa dikatakan sebagai satusatunya unsur mistis di Pulau Satonda.

Wisatawan kerap mengunjungi pohon bebatuan itu dan berdoa, karena menurut kepercayaan masyarakat setempat, doa di tempat ini pasti dikabulkan. Makanya tidak heran kalau Anda menemukan bendabenda asing yang digantung di pohon itu.